Beranda / Layanan / Jasa Pembuatan Jaminan Pelaksanaan di Jakarta Pusat

Jasa Pembuatan Jaminan Pelaksanaan di Jakarta Pusat

Kami hadir sebagai solusi bagi para kontraktor yang membutuhkan Jaminan Pelaksanaan di Jakarta Pusat. Selain itu, kami juga menyediakan layanan bank garansi dan asuransi. Kami dapat memberikan jaminan untuk proyek yang sedang berjalan maupun proyek yang akan datang. Dengan kemudahan dan kepastian yang terjamin, kami menyediakan jasa pembuatan jaminan pelaksanaan di Jakarta Pusat.

Jenis Bank Garansi Yang Penting Diketahui

jenis jenis bank garansi
Freepik

Berikut ini jenis-jenis bank garansi yang penting untuk diketahui. Silahkan baca sampai selesai agar paham tentang jenisnya.

1. Garansi Dalam Bentuk Warkat

Ada dua kategori bank garansi dalam bentuk warkat. Pertama, garansi pembayaran yang dikeluarkan oleh bank untuk memastikan pembayaran kepada pihak pemerintah jika nasabah tidak memenuhi kewajibannya. Kedua, garansi pelaksanaan yang dikeluarkan oleh bank untuk memastikan pelaksanaan suatu proyek atau kontrak oleh nasabah.

  • Bank garansi yang diberikan untuk mendukung modal kerja
  • Bank garansi yang di berikan untuk mendukung keperluan investasi
  • Standby letter of credit atau SBLC

2. Garansi Lainnya

Bank garansi lainnya merujuk pada garansi atau jaminan yang dikeluarkan oleh bank selain dari dua jenis sebelumnya. Dalam berbagai bentuknya, apabila garansi tersebut digunakan, bank akan tetap bertindak sebagai penjamin yang berkewajiban membayar sejumlah tertentu kepada pihak yang dijamin.

Baca Juga: Agen Bank Garansi Jakarta – Terbaik (2024)

3. Pengertian Bank Garansi

Bank Garansi adalah produk yang dikeluarkan oleh bank dalam bentuk surat atau sertifikat yang menyatakan bahwa nasabah bank yang menjadi terjamin memiliki kemampuan finansial yang cukup yang didukung oleh bank untuk menjalankan pekerjaan yang diberikan oleh penerima jaminan (pemilik proyek).

Dasar hukum Bank Garansi adalah borgtocht atau perjanjian penanggungan, yang terdapat pada KUHP pasal 1820 sampai 1850. Dalam pelaksanaannya menggunakan bank garansi, pihak penanggung dapat memilih salah satu dari pasal 1831 atau pasal 1832 untuk diterapkan.

Jenis Bank Garansi

Ada beberapa jenis bank garansi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan penggunaan jaminan atau transaksi yang dilakukan oleh nasabah. Secara umum, bank garansi merupakan bentuk jaminan yang menjamin bahwa tidak akan ada pelanggaran janji dari pihak yang bertanggung jawab. Berikut ini adalah beberapa jenis bank garansi yang tersedia:

Jaminan Penawaran (Bid Bond)

Jika Principal yang telah dinyatakan sebagai pemenang tender tidak bersedia menandatangani kontrak atau tidak dapat menyerahkan jaminan pelaksanaan dalam jangka waktu yang telah ditentukan oleh Obligee, Obligee menjamin Obligee apa bila Principal tersebut. Jaminan yang harus diserahkan berkisar antara 1% hingga 3% dari harga penawaran.

Jaminan Pelaksanaan (Perfomance Bond)

Jaminan Obligee akan menjamin jika Principal yang telah menandatangani kontrak pelaksanaan kerja, mengundurkan diri atau memutuskan kontrak secara sepihak atau bersama-sama dari kedua belah pihak yaitu antara Obligee dengan principal. Besar jaminan berkisar antara 5 % hingga 10 % dari Nilai Proyek. Kami menyediakan jasa pembuatan jaminan pelaksanaan di Jakarta Pusat.

Jaminan Uang Muka (Advance Payment Bond)

Obligee akan dijamin jika Principal tidak dapat mengembalikan atau menghitung kembali uang muka yang telah diterima pada awal kontrak hingga proyek selesai. Jaminan ini memiliki nilai antara 10% hingga 20% dari Nilai Proyek.

Jaminan Pemeliharaan (Maintenance Bond)

Obligee akan dijamin jika Principal tidak memenuhi kewajibannya untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi setelah pekerjaan selesai sesuai dengan kontrak. Jaminan ini memiliki nilai antara 5% hingga 10% dari Nilai Proyek.

Oleh karena itu, Anda dapat memilih jenis produk jaminan yang Anda butuhkan dari Konsultan Asuransi sebagai layanan bank garansi tanpa agunan. Jangan lupa untuk mengunjungi laman https://agenbankgaransi.id/ untuk informasi lebih lengkap.

Info lebih lanjut Hub: 085365064040, an/ Riko Satriawan.